Kota Bontang

logo pemkot bontang

Saya lahir dan besar di Kota Bontang. Tidak banyak yang bisa saya ceritakan tentang kota saya ini. Dikarenakan orang-orang yang bertempat tinggal di Kota Bontang ini mayoritas adalah pendatang dari luar pulan borneo (bisa disebut transmigran). Jadi, untuk soal kebudayaan saya masih belum menemukan secara pasti bahwa Kota Bontang mempunyai kebudayaan. Yang biasanya mengadakan perayaan orang Kutai.Sekarang kita membahas tentang kuliner yang ada di Kota Bontang. Seperti yang saya jelaskan tadi, kalau mayoritas penduduk disini ada para transmigran. Alhasil, banyak juga kuliner dari luar pulau yang di perjualkan. Hampir di setiap suku di Kota Bontang menjual makanan dari daerah asalnya. Mereka menjualnya di pinggir-pinggir jalan ataupun di Rumah Makan.

batik_bontangCiri khas dari Kota Bontang sekarang adalah batik yang diproduksi di Pondok Batik Etam. Selain indah pada motifnya, juga pada teknik pewarnaan alami yang berasal dari mangrove. Alhasil, batik mangrove sering dikenakan para pejabat daerah, tokoh masyarakat, bahkan PT Badak NGL (salah satu perusahaan besar yang ada di Kota Bontang) menjadikannya sebagai souvenir perusahaan.

Dilihat Yaa Mars Kota Bontang..

Leave a Reply

